Mengatasi Kesulitan Dalam Belajar: Strategi Dan Teknik Terbaik
| Dalam rangka usaha mengatasi kesulitan belajar tidak bisa diabaikan dengan kegiatan mencari faktor-faktor yang diduga sebagai penyebabnya. Karena itu, mencari sumber-sumber penyebab utama dan sumber-sumber penyebab penyerta lainnya mutlak dilakukan secara akurat, afektif dan efisien. …215
Secara garis besar, langkah-Iangkah yang perlu ditempuh dalam rangka usaha mengatasi kesulitan belajar anak didik, dapat dilakukan melalui enam tahap, yaitu pengumpulan data, pengolahan data, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi. Untuk jelasnya tahapan-tahapan dimaksud, ikutilah uraian berikut.
Untuk menemukan sumber penyebab kesulitan belajar diperlukan banyak informasi. Untuk memperoleh informasi perlu diadakan pengamatan langsung terhadap objek yang bermasalah. Teknik interviu (wawancara) ataupun teknik dokumentasi dapat dipakai untuk mengumpulkan data. Baik teknik observasi dan interviu maupun dokumentasi, ketiganya saling melengkapi dalam rangka keakuratan data. Usaha lain yang dapat dilakukan dalam usaha pengumpulan data bisa melalui kegiatan sebagai berikut:
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Dalam pelaksanaannya, semua metode itu tidak meski digunakan bersama-sama, tetapi tergantung pada masalahnya, kompleks atau tidak. Semakin rumit masalahnya, maka semakin banyak kemungkinan metode yang dapat digunakan. Jika masalahnya sederhana, mungkin dengan satu metode sudah cukup untuk menemukan faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar anak. Dalam pengumpulan data tidak perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sebab setiap informasi yang diterima belum tentu data. Informasi yang simpang siur justru membingungkan. Oleh karenanya, yang betul adalah carilah banyak informasi melalui sumber yang tepat untuk mendapatkan data …216
Data yang telah terkumpul tidak akan ada artinya jika tidak diolah secara cermat. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak didik jelas tidak dapat diketahui, karena data yang terkumpul itu masih mentah, belum dianalisis dengan saksama. Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam rangka pengolahan data adalah sebagai berikut.
Diagnosis adalah keputusan (penentuan) mengenai hasil dari pengolahan data. Tentu saja keputusan yang diambil itu setelah dilakukan analisis terhadap data yang diolah itu. Diagnosis dapat berupa hal-hal sebagai berikut.
Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak
Karena diagnosis adalah penentuan jenis penyakit dengan meneliti (memeriksa) gejala-gejalanya atau proses pemeriksaan terhadap hal yang dipandang tidak beres, maka agar akurasi keputusan yang diambil tidak keliru tentu saja diperlukan kecermatan dan ketelitian yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang menyakinkan itu sebaiknya minta bantuan tenaga ahli dalam bidang keahlian mereka masing-masing. Di sini bisa disebutkan: …217
Dalam prakteknya, tidak semua ahli di atas selalu harus digunakan secara bersama-sama dalam setiap proses diagnosis. Bantuan diperlukan tergantung pada kebutuhan dan tentu saja kemampuan yang tersedia di sekolah.
Keputusan yang diambil berdasarkan hasil diagnosis menjadi dasar pijakan dalarn kegiatan prognosis. Dalam prognosis dilakukan kegiatan penyusunan program dan penetapan ramalan mengenai bantuan yang harus diberikan kepada anak untuk membantunya keluar dari kesulitan belajar.
Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika
B. What : Materi apa yang diperlukan? Alat bantu apa yang harus dipersiapkan? Pendekatan dan metode apa yang digunakan dalam memberikan bantuan kepada anak?
F. How : Bagaimana pemberian bantuan itu dilaksanakan? Dengan cara pendekatan individual ataukah pendekatan kelompok? Bentuk treatment yang bagaimana yang mungkin diberikan kepada anak?
Treatment adalah perlakuan. Perlakuan di sini dimaksudkan adalah pemberian bantuan kepada anak didik yang mengalami kesulitan belajar sesuai dengan program yang telah disusun pada tahap prognosis. Bentuk treatment yang mungkin dapat diberikan adalah:
Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak Dan Siswa
Siapakah yang mendapat prioritas memberikan treatment? Hal tergantung pada bidang garapan yang telah diprogramkan. Bila dalam program, ternyata yang harus diatasi terlebih dahulu adalah penyembuhan penyakit kanker yang diderita oleh anak, maka masalah itulah yang harus ditangani. Bantuan dokter dalam masalah ini sangat diperlukan, untuk mengobatinya, agar penyakit kanker anak itu dapat disembuhkan dalam waktu yang relatif segera. Karena masalah itu dianggap berat dan guru bukan ahlinya. Tetapi bila kesulitan belajar itu menyangkut mata pelajaran tertentu, fiqih, kimia …219
Atau bahasa Arab, misalnya tidak perlu meminta bantuan dokter atau sosiolog, guru untuk masing-masing mata pelajaran itupun sudah bisa memberikan bantuan kepada anak didik. Demikianlah, sesuai keahlian seseorang.
Ketepatan treatment yang diberikan kepada anak didik yang mengalami kesulitan belajar sangat tergantung kepada ketelitian dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan diagnosis. Tapi bisa juga pengumpulan datanya sudah lengkap dan pengolahan datanya dengan cermat, tetapi diagnosis yang diputuskan keliru, disebabkan kesalahan analisis, maka treatment yang diberikan kepada anak didik yang mengalami kesulitan belajar pun tidak akurat. Oleh karenanya, kecermatan dan ketelitian tingkat tinggi sangat dituntut dalam pengumpulan data, pengolahan data, dan diagnosis, sehingga pada akhirnya treatmen benar-benar mengenai objek dan subjek persoalan.
Salah Satu Strategi Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Akademis Yang Dialami Anak Berkesulitan Belajar
Evaluasi di sini dimaksudkan untuk mengetahui apakah treatment yang telah diberikan berhasil dengan baik. Artinya ada kemajuan, yaitu anak dapat dibantu keluar dari lingkaran masalah kesulitan belajar, atau gagal sama sekali. Kemungkinan gagal atau berhasil treatment yang telah diberikan kepada anak, dapat diketahui sampai sejauh mana kebenaran jawaban anak terhadap item-item soal yang diberikan dalam jumlah tertentu dan dalam materi tertentu melalui alat evaluasi berupa tes prestasi belajar atau achievement test. Bila jawaban anak sebagian besar banyak yang salah, itu sebagai pertanda bahwa treatment gagal. Karenanya, perlu pengecekan kembali dengan cara mencari faktor-faktor penyebab dari kegagalan itu. Ada kemungkinan data yang terkumpul kurang lengkap, program yang disusun tidak jelas dan tepat, atau diagnosis yang diambil tidak akurat karena kesalahan membaca data, sehingga berdampak langsung pada treatment yang bias. Kemungkinan lain bisa juga terjadi. Datanya lengkap, pengolahan datanya dengan cermat dan teliti, …220
Akurasi diagnosis meyakinkan, dan prognosis dengan jelas dan sistematis, tetapi karena treatment yang diberikan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar tidak sungguh-sungguh, terkesan asal-asalan, juga menjadi pangkal penyebab gagalnya usaha mengatasi kesulitan belajar anak.
Agar tidak terjadi kesalahan pengertian, di sini perlu ditegaskan bahwa pengecekan kembali hanya dilakukan bila terjadi di kegagalan treatment berdasarkan evaluasi, di mana hasil prestasi belajar anak didik masih rendah, di bawah standar. Dalam rangka pengecekan kembali atas kegagalan treatment, secara teoretis langkah-langkah yang perlu ditempuh adalah sebagai berikut.
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di
Bila treatment gagal harus diulang. Kegagalan treatment yang kedua harus diulangi dengan treatment berikutnya. Begitulah seterusnya sampai benar-benar dapat mengeluarkan anak didik dari kesulitan belajar. Tetapi bila gagal dan selalu adalah kebodohan. Itu jangan sampai terjadi. Sebab satu masalah belum selesai, maka masalah lain masih menunggu untuk ditangani.
Sebagai ringkasan mengenai langkah-langkah usaha mengatasi kesulitan belajar anak seperti telah diuraikan pada bagian terdahulu, maka dibuatkan bagan seperti terlihat pada halaman berikut. 221Tugas Pemerintah adalah memotivasi siswa untuk belajar. Ini mengacu pada posisi dewan sebagai pembuat keputusan, peran atau tanggung jawab dewan, yaitu. pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Pemerintah harus membuat kebijakan yang memuat regulasi yang relevan dan komprehensif. Misalnya untuk mengidentifikasi buku-buku wajib yang sangat perlu diajarkan oleh lembaga pendidikan (sekolah), buku yang intinya sangat jelas (buku menarik yang berisi informasi tetapi dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar), bukan hanya buku yang monoton. - Hal ini saja membuat siswa bosan dan enggan membacanya. Selain buku-buku menarik yang memotivasi siswa, diperlukan pula buku-buku yang memuat informasi faktual yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Selain itu, pemerintah yang memiliki kewenangan untuk menetapkan kurikulum juga harus menyertakan motivasi yang mendasarinya sebelum sekolah diberikan kebijakan untuk menetapkan kurikulumnya sendiri, yang tentunya terkait dengan pedoman kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Samahani
Orang tua memainkan peran paling penting dalam memotivasi anak-anak mereka. Karena anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sepulang sekolah. Setiap orang tua memiliki cara yang berbeda untuk memotivasi anak-anaknya. Beberapa orang tua mendukung anaknya dengan pilihan belajar tambahan, seperti komputer, buku referensi dan perangkat tambahan yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Ada juga orang tua yang memotivasi atau menyemangati anaknya melalui ceramah, panutan dan lainnya.
Guru memiliki kemampuan dan peran yang besar dalam memotivasi siswa. Karena salah satu peran guru adalah sebagai pembelajar, bagaimana seorang guru dapat menciptakan transfer pelajaran dan motivasi bagi siswanya? Peran guru dalam memotivasi siswa dapat diimplementasikan dengan cara sebagai berikut:
Perubahan strategi/metode pembelajaran sesuai dengan keadaan nyata siswa. Saat ini metode pembelajaran yang populer di Indonesia dikenal dengan istilah paikem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Aktifitas artinya guru harus menciptakan suasana dalam proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa aktif dengan bertanya, bertanya dan mengungkapkan gagasan. Inovasi artinya bagaimana guru menciptakan pembelajaran yang membuat siswa berpikir bahwa belajar itu menyenangkan, sehingga meresap ke dalam benak siswa, tentunya tidak ada rasa tertekan dengan deadline dan kebosanan. Kreativitas berarti bahwa guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang berbeda yang sesuai dengan tingkat siswa yang berbeda. Efektivitas merujuk pada seberapa baik guru mampu menciptakan hal-hal yang perlu dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran tanpa membuang waktu. Dan menyenangkan berarti suasana belajar mengajar yang menyenangkan, dimana siswa memusatkan seluruh perhatiannya pada pembelajaran yang berarti banyak waktu kerjanya. Menggunakan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik dan memotivasi siswa. Penggunaan peralatan tambahan seperti LCD proyektor atau ohp untuk memudahkan pekerjaan guru juga membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Karena ada siswa yang bisa cepat belajar audio-visual dan non-audio-visual.Mengatasi kesulitan belajar dengan menelaah status peserta didik, memperhatikan sebab-sebab kesulitan belajar dan proses pemecahan kesulitan belajar. Kesulitan berarti : keadaan yang sulit, sesuatu yang sulit, kesukaran. (
Tips Untuk Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
) Belajar menurut Qomar Hamalik adalah : “sesuatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, berkat pengalaman dan pelatihan” (
Mengatasi kesulitan belajar menurut H. Koestoer Partowisastro dalam bukunya “Diagnosa dan pemecahan kesulitan belajar siswa” ada beberapa tahapan dalam melakukannya, yaitu : menelaah status siswa, memperhatikan sebab-sebab kesulitan belajar dan proses pemecahan kesulitan belajar. (
Adalah usaha meneliti hasil belajar siswa atau murid untuk mengetahui sampai sejauh mana pelajaran yang mereka serap dan kesulitan-kesulitan apa yang mereka hadapi dalam proses belajar.
Kesulitan Belajar Siswa Dan Cara Mengatasinya
Langkah yang pertama dilakukan oleh Counselor atau guru dalam rangka mencetak atau mengecek eksistensi status siswa adalah mengidentifikasi kasus. Mengidentifikasi dimaksudkan untuk mengetahui hakekat dan luasnya
Komentar
Posting Komentar